rss_feed

Desa Cipanas

Jl. Pahlawan No. 73
Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat
Kode Pos 43253

call 085282239595| mail_outline desa@cipanas.desa.id

Selamat Datang di Website Desa Cipanas, Kami hadir dalam memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik untuk membangun Desa Cipanas
fingerprint
YUK KENALAN LEBIH DEKAT, DENGAN PERANGKAT DESA CIPANAS

27 Mei 2021 16:34:15 67 Kali

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATAULLAHI WABARAKATUH

Sampurasun !! perkenalkan kasi Pelayanan Desa Cipanas atau disingkat KasiPel desa cipanas Bapak MAHMUDIN

bertugas sebagai pelayanan kepada masyarakat dimana tugas beliau adalah melayani semua pelayanan pengajun dari masyarakat baik secara administrasi kependudukan (akta, kk, ktp, dsb) selain itu Kepala Seksi Pelayanan memiliki fungsi melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, meningkatkan upaya partisipasi masyarakat, pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.

Kasi Pelayanan merupakan salah satu unsur pelaksanan teknis dalam pemerintah desa, yang mempunyai tugas membantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional.

Di dalam Permendagri 84 tahun 2015, pasal 5 ayat (2) dikatakan bahwa pelaksana teknis dalam suatu desa paling banyak mempunyai 3 (tiga) seksi yaitu seksi pemerintahan, seksi kesejahteraan dan seksi pelayanan. Dan paling sedikit mempunyai 2 (dua) seksi yaitu seksi pemerintahan serta seksi kesejahteraan dan pelayanan.

Masing – masing seksi seperti apa yang saya sampaikan diatas dipimpin oleh Kepala Seksi. Selain, sebagai pelaksana kegiatan anggaran (Permendagri 20/2018) juga melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap hak dan kewajiban masyarakat. Oleh karena itu, lebih masuk akal, jika Kasi Pelayanan mengurusi laporan masalah buku kader pemberdayaan masyarakat ( pasal 8 ayat (2) huruf (d) Permendagri 47/2016 tentang administrasi pemerintah desa). Sedangkan, dalam hal pelaksanaan anggaran seperti apa yang tertuang dalam Permendagri 20 tahun 2018.

Bahwa, Kasi Pelayanan mempunyai tugas menyusun DPA, DPPA, dan DPAL serta melaksanakan anggaran kegiatan sesuai dengan bidangnya. Itu artinya, Kepala Seksi Pelayanan juga wajib tahu dan memahami cara membuat laporan, selain dari laporan buku kader pemberdayaan masyarakat diatas. Untuk mempermudah Kasi Pelayanan didalam menjalankan tupoksinya. Dibawah ini saya sediakan beberapa format buku yang bisa dipelajari dan diunduh secara gratis.

Berikut ini format buku Kasi Pelayanan :

Buku kader pemberdayaan masyarakat 

Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)

Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) 

Dokumen Pelaksanaan Anggaran Lanjutan (DPAL) 

Itulah beberapa format buku Kasi Pelayanan yang bisa Anda unduh dan pelajari. Diatas tadi sudah saya singgung sedikit tentang tugas dan fungsi Kasi Pelayanan. Dimana mengenai tugas tersebut ada 2 (dua) aturan yang mengaturnya. Berikut ini uraiannya :

1. Berdasarkan Permendagri 84 Tahun 2015 Ada beberapa poin tugas yang diatur dalam Permendagri 84/2015 tepatnya di pasal 9 ayat (3) huruf (c). Berikut ini isi tugasnya : Melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat desa, Meningkatkan upaya partisipasi masyarakat, Melaksanakan pelestarian nilai sosial budaya masyarakat desa, melaksanakan pelestarian nilai keagamaan masyarakat desa, dan melaksanakan pelestarian nilai ketenagakerjaan masyarakat Desa.

2. Berdasarkan Permendagri 20 Tahun 2018 Dalam Permendagri 20/2018 sendiri perihal tupoksi Kasi Pelayanan dalam hal pelaksanaan anggran diatur menyatu dengan tugas kaur dan kasi lainya. Intinya, yang perlu Anda pahami ialah bahwa tugas kaur dan kasi tersebut menyesuaikan dengan bidangnya masing – masing. Berikut ini tupoksi Kepala Seksi Pelayanan yang terdapat dalam pasal 4 huruf (a) sampai dengan (f) Permendagri nomor 20 tahun 2018 : Melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran atas beban anggaran belanja sesuai bidang tugasnya, Melaksanakan anggaran kegiatan sesuai bidang tugasnya, Mengendalikan kegiatan sesuai bidang tugasnya, Menyusun DPA, DPPA, dan DPAL sesuai bidang tugasnya, Menandatangani perjanjian kerja sama dengan penyedia atas pengadaan barang/jasa untuk kegiatan yang berada dalam bidang tugasnya, Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya untuk pertanggungjawaban pelaksanaan APB Desa.


Sumber : https://balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/118/344

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  
Nomor Penting

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Desa

Alamat : Jl. Pahlawan No. 73
Desa : Cipanas
Kecamatan : Cipanas
Kabupaten : Cianjur
Kodepos : 43253
Telepon : 085282239595
Email : desa@cipanas.desa.id

reorder Peta Desa

account_circle Aparatur Desa

share Call Center

assessment Statistik Desa

message Komentar Terkini

  • person RAHMATULLOH

    date_range 13 Januari 2022 18:13:15

    Mengejar paket c [...]
  • person ASEP MULYADI

    date_range 01 Januari 2022 15:45:23

    Cipanas istimewa [...]
  • person Kamil Supardi

    date_range 30 Desember 2021 05:42:13

    Sangat Bijaksana, semoga mendapat balasan dari Allah [...]
  • person Muhamad rijal

    date_range 23 Desember 2021 15:16:52

    Saya mau daftar vaksin ke 2 jenis vaksin moderna [...]
  • person Kasi Penerintahan Desa Cipanas

    date_range 22 Desember 2021 16:04:46

    Assalamu'alaikum untuk informasi terkini seputar vaksinasi [...]
  • person Yeyep muslih

    date_range 21 Desember 2021 06:09:05

    Pak saya mau vaksin ke2 fleser tgl berapa nyah [...]
  • person Erni Nurcahyati

    date_range 10 Desember 2021 23:27:00

    Ingin mencetak ulang KK+KTP yg rusak [...]
  • person Deden

    date_range 02 Desember 2021 11:38:27

    Mikum bde naros,dupi jadwal vaksin ka dua pfizer daerah [...]
  • person Eri Ahmad Riyadi

    date_range 22 November 2021 18:33:42

    Tadi Dina acara kurang greget penegasan terhadap tokoh [...]
  • person Femi octaria

    date_range 26 Oktober 2021 11:39:57

    Info vaksin Minggu ini, adanya dimana, mohon bantuan [...]

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:376
Kemarin:570
Total Pengunjung:108.151
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:54.174.225.82
Browser:Tidak ditemukan
  • M. AGUS SAHPUTRA

    Kepala Desa

  • CECENG MA'MUN NAWAWI

    Sekretaris Desa

  • IRNA

    Kaur Keuangan

  • AJI KUSMIAJI SARIPUDIN

    Kepala Dusun 1

  • CECENG MUDATSIR

    Kepala Dusun 2

  • AHMAD SUPIYANI

    Kepala Dusun 3

  • HANIPUDIN

    Kepala Dusun 4

  • APIP ABDULLAH

    Kepala Dusun 5

  • DEDE SULAEMAN

    Kaur TU & Umum

  • SENDY PUTRAMA ENSIYANDI

    Kasi Pemerintahan

  • ADITYA GUMELAR

    Kaur Perencanaan

  • HAMZAH PERDIYANSYAH

    KASI KESEJAHTERAAN

  • ELSA OKTAVIANI KURNIA

    Staff Administrasi

  • MAHMUDIN

    Kasi Pelayanan

  • RANGGANUS PUTRA

    Staf Keuangan

  • RIDWAN

    Staff Kesejahteraan

  • DEDE RAHMAT

    Driver Ambulance

  • RUDI

    Staff Keamanan

  • Rahmat Hidayat

    Staff

settings Pengaturan Layar

fingerprint

376 views

Pengunjung Hari Ini

65.97 %
Kemarin 570 views

router OpenSID 22.01

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Cipanas

TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes TA. 2020
insert_chart
APBDes 2020 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 3,095,089,905 | Rp. 3,120,783,500
99.18 %
BELANJA
Rp. 3,071,741,947 | Rp. 3,098,235,541
99.14 %
PEMBIAYAAN
Rp. 60,000,000 | Rp. 37,452,041
160.2 %
insert_chart
APBDes 2020 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Usaha Desa
Rp. 1,370,000 | Rp. 1,370,000
100 %
Hasil Aset Desa
Rp. 594,354,800 | Rp. 618,715,000
96.06 %
Dana Desa
Rp. 1,039,365,000 | Rp. 1,039,365,000
100 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 115,023,500 | Rp. 115,023,500
100 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 1,014,280,000 | Rp. 1,014,280,000
100 %
Bantuan Keuangan Provinsi
Rp. 130,000,000 | Rp. 130,000,000
100 %
Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota
Rp. 88,030,000 | Rp. 88,030,000
100 %
Lain-lain Pendapatan Desa Yang Sah
Rp. 112,666,605 | Rp. 114,000,000
98.83 %
insert_chart
APBDes 2020 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 1,833,176,947 | Rp. 1,844,670,541
99.38 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 390,100,000 | Rp. 390,400,000
99.92 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 83,800,000 | Rp. 98,800,000
84.82 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 65,265,000 | Rp. 65,265,000
100 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 699,400,000 | Rp. 699,100,000
100.04 %